Mulai Belajar Dengan Apa Yang Aku Bisa

Apa Pentingnya Blog ?

Posted by Andrew Penetz On Sunday, November 11, 2012 0 comments
Apa Pentingnya Blog ??

Pentingnya Menulis di internet


Apa perlunya sebuah blog??

Pertanyaan ini mucul pada pikiran saya ketika pertama kali ingin membangun blog sederhana ini, sebenernya apa sih pentingnya sebuah blog??

Saya yang masih amatiran dan gaptek ini memberanikan diri untuk membuat blog sederhana ini dengan mencari referensi-referensi dan berbagai panduan tentang blog dari beberapa blog sahabat yang telah lebih dahulu terjun dalam dunia blogging. Pada awalnya saya sendiripun bingung dengan tema blog yang ingin saya buat, karena selain saya tidak pandai dalam hal menulis (terbukti bahwa bahasa tulisan saya yang amburadul.. hehhehehe) dan juga minimnya pengetahuan yang saya miliki sehingga membuat saya sedikit ragu untuk membuat blog ini.

Namun atas motivasi seorang teman yang telah lebih dulu terjun di dunia blogging, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat blog ini, karena saya beranggapan bahwa saya tidak akan pernah bisa selama saya tidak mencobanya dan terus belajar serta merevisi setiap kesalahan yang terjadi dengan perbaikan-perbaikan. bukankah kesuksesan itu adalah akumulasi dari kegagalan-kegagalan??

Jadi saya tidak takut untuk sebuah kesalahan, justru dengan kesalahan yang ada harus dapat memicu saya dalam proses pembelajaran dan segera memperbaiki kesalahan tersebut. Kemudian yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah: Apakah fungsi dan Manfa'at Blog?? dari hasil googling di dunia maya saya menemukan banyak nilai positif dari aktifitas seorang blogger dan cara memanfaatkan Blog dengan baik, diantaranya adalah:

  1. Blog sebagai media belajar :  Sebagai seorang amatiran seperti saya. Blog dapat menjadi media untuk belajar, belajar menulis, belajar tentang dunia blogging, dan masih banyak lagi kemudahan-kemudahan dari dunia maya sebagai bahan pembelajaran. Tak bisa di pungkiri bahwa kegiatan menulis di dunia maya mampu memberikan kontribusi sebagai media penyedia jutaan informasi yang di butuhkan oleh masyarakat.
  2. Blog sebagai Media berbagi : Dengan memiliki sebuah blog setidaknya kita telah mempu mengekspresikan diri kita untuk menjadi pribadi yang berguna. Meskipun dengan tulisan-tulisan sederhana seperti pengalaman pribadi, artikel-artikel tentang ilmu pengetahuan, berbagi tips dan trik tentang sesuatu dan masih banyak lagi.
  3. Blog sebagai Diary : Tidak sedikit lho.. teman-teman blogger yang menjadikan blog pribadinya sebagai Diary. Alias catatan harian dari sang pemilik blog itu sendiri. Keuntungan dari menulis Diary di blog selain dapat menjadi catatan perjalanan hidup pemilik blog juga dapat menjadi sebuah tulisan yang mungkin saja dapat bermanfaat buat pembaca. Jadi tidak ada salahnya kita membuat blog, Justru sangat menguntungkan. Betapa Indahnya berbagi....
  4. Blog sebagai ajang pencarian bakat : Dengan memiliki sebuah blog, kita dapat mengasah kemampuan kita untuk dapat menulis ide atau suatu gagasan yang dapat menjadi inspirasi buat orang lain. siapa tau dengan di awali dengan menulis artikel-artikel sederhana pada sebuah blog, kita akan semakin mahir dalam hal menulis dan tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti kita dapat menjadi seorang pengarang buku yang profesional.
  5. Blog untuk menyatakan Cinta : Nah... yang ini ga kalah serunya sobat, anda dapat mengungkapkan perasaan anda pada si dia dengan membuat sebuah blog yang menarik, ini adalah cara baru yang mungkin akan menjadi cara yang ampuh untuk mengungkapkan cinta agar di trima
  6. Blog untuk membangun komunitas : Buat sahabat yang ingin memiliki sebuah komunitas online yang tentunya dapat di akses oleh siapapun dan dimanapun. Sebuah Blog dapat menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kepada masyarakat luas tentang keberadaan komunitas anda. Dengan adanya komunitas online ini anda juga dapat memperluas komunitas anda dengan menjaring anggota-anggota baru, tentu sangat menyenangkan jika komunitas yang kita bangun memiliki jumlah anggota yang banyak.
  7. Blog sebagai bisnis : Jangan salah sobat. Selain anda dapat menulis, anda juga dapat memanfaatkan blog sebagai media bisnis anda, dengan membangun toko online misalnya. Atau jika blog anda sudah banyak pengunjungnya anda dapat menyewakan sebuah tempat iklan yang relatif kecil dalam blog anda pada pengiklan.

Apa lagi ya... pentingnya sebuah blog ??? mungkin masih banyak lagi yang lainnya... namun uraian di atas saya rasa sudah cukup untuk memotivasi anda untuk memiliki sebuah blog. Ayo sobat tunggu apa lagi ?? Ekspresikan dirimu... dan tunjukkan pada dunia bahwa kamu juga dapat menjadi orang yang bermanfaat buat orang lain!!!


Terima kasih banyak atas kunjungannya. Saya akan sangat senang sekali jika sahabat berkenan memberikan komentar pada kolom dibawah ini.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment